Pages

Jumat, 10 Januari 2014

Handphone dan software

  1. Aplikasi Android Bakal Jalan di BlackBerry 10

 KOMPAS.com — BlackBerry mencari jalan pintas untuk memperkaya ekosistem aplikasi. Perusahaan asal Kanada ini akan membuat agar ponsel dengan sistem operasi BlackBerry 10 bisa menjalankan aplikasi dan game Android dengan format .APK. Dalam sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, BlackBerry mengatakan bahwa fitur tersebut akan hadir di pembaruan sistem operasi BlackBerry versi 10.2.1. Namun, perusahaan belum mengumumkan tanggal peluncuran sistem operasi versi terbaru itu. BlackBerry mengatakan, aplikasi Android yang ditulis dengan kode C dan C++, bakal bisa berjalan di BlackBerry 10.2.1. Aplikasi Android yang memanfaatkan fitur Bluetooth dan menggunakan Android Bluetooth API, juga bisa berjalan di BlackBerry 10.2.1. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan ada beberapa hal pada aplikasi Android yang tidak berfungsi dengan sempurna di BlackBerry 10 karena ada perbedaan dalam penggunaan API dan sistem lainnya. Besar kemungkinan, aplikasi Android dengan format .APK bisa dipasang di perangkat BlackBerry 10.2.1 melalui browser maupun file manager.
BlackBerry memang berusaha agar aplikasi Android bisa berjalan di platform- nya. Bahkan, baru-baru
 ini beredar foto di internet, sebuah ponsel BlackBerry Z10 dapat dipasangkan dan menjalankan toko
 aplikasi Android, yaitu Google Play Store. Sayangnya, pihak BlackBerry enggan berkomentar tentang foto-foto tersebut. di kutif dari ;

 http://tekno.kompas.com/read/2013/11/16/1128256/Aplikasi.Android.Bakal.Jalan.di.BlackBerry.100
seputar hp iphone.windows.blacberry,android
     
      2.Seputar Blackberry, Iphone, Android, dan Windows Phone Seputar Blackberry, Iphone, Android,                dan Windows Phone. 

Berikut ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai Blackberry, Android, Iphone Dan Windows Phone. Dalam hal imi kami akan menyajikan informasi mengenai p erbedaan Blackbeerry dengan Android, Blackberry Dengan Iphone, serta Blackberry dengan Windows Phone. Seperti apa perbedaannya, mari kita simak secara cermat tulisan artikel dibawah ini. Pada era Globalisasi ini, smartphone semakin lama semakin canggih tak ubahnya dengan smartphone yang akhir-akhir ini populer yaitu Blackberry,di samping kepopulerannya Blackberry juga punya pesaing – pesaing yang berat seperti Iphone, Windows Phone, serta Android. Banyak konsumen yang dibuat bingung dengan kecanggihan smartphone-smartphone ini karena mereka tidak bisa menentukan mana yang lebih baik dari semuanya. Untuk itu kami membuat sedikit rangkuman mengenai beberapa smartphone yang kami sebutkan diatas, sehingga anda bisa menilai dan memilih dengan bijak, mana smartphone yang sesuai dengan karakter dan kesibukan anda. jadi mari simak artikel berikut ini :

        3.Kelebihan dan Kekurangan Blackberry

 Blackberry merupakan smartphone rakitan RIM (Research In Motion) ber OS smartphone yang memiliki banyak aplikasi gratis dan berbayar di Blackberry App World. Keistimewaan handphone blackberry terletak pada fitur unggulannya yaitu Blackberry Messenger yang tentunya tidak dimiliki oleh ponsel-ponsel lain seperti android, Iphone dan Windowsphone. Blackberry ini dilengkapi engkripsi data pada fitur keamananya, dan juga merupakan real time ponsel yang cocok digunakan untuk segala umur dan profesi.

      4.Kelebihan dan Kekurangan Iphone

 Iphone merupakan ponsel canggih yang memiliki operasi sistem iOS yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Kelebihan iphone ini pada penggunaan sistem yang tergolong mudah dan tentunya dengan adanya iTunes yang membuat pengelolaan data lebih muda serta di fasilitasi dengan App store yang memudahkan anda untuk pencarian aplikasi sesuai keinginan anda. Hal inilah yang membuat iphone mendapatkan predikat mobile multimedia player terbaik. Namun salah satu kekurangan iphone yatu lebih rumit ketika ingin anda gunakan untuk pengiriman file atau video pengguna. namun untuk anda pecinta multimedia handphone , iphone lah yang terbaik dari yang lainnya.

    5. Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone

 Windows phone merupakan OS windows berbasis mobile yang dikembangkan oleh microsoft untuk digunakan dalam handphone. Windows phone ini tergolong masi baru dan sedikit lambat pengembangannya dibandingkan pesaing-pesainnya Android, Blackberry. maupun iphone. Kelebihan windows phone ini sangat terasa untuk anda yang suka menggunakan keperluan office via Handphone, pilihan fitur windows phone
 sangat cocok untuk anda yang menyukai handphone dengan fitur dokumen editing yang lengkap. Demikian penjelasan kami s eputar Blackberry, Android, Iphone, dan Windows Phone. semoga bermanfaat dan
 menambah wawasn tentnag smartphone blackberry kesayangan anda.

 Demikian Penjelasan kami tentang Daftar Harga Blackberry Berkualitas 1 Jutaan . Semoga bermanfaat dan
 menambah wawasan tentang smartphone blackberry kesayangan anda.

     6.code-code di blackberry
Tips Trik Unik Terlengkap seputar Blackberry Boomingnya ponsel Blackberry di Indonesia sebenarnya belum diimbangi dengan tutorial dan informasi terlengkap seputar blackberry. Selain tips tentang Cara Jitu Menghemat Baterai Blackberry dan Kode Rahasia Blackberry Yang Tersembunyi, kalian juga bisa mempelajari seputar Cara Ampuh Melacak Blackberry yang Hilang. Biasanya orang membeli blackberry hanya untuk sekedar menggunakan fitur yang ada, tanpa mencoba mempelajari fitur-fitur dan short cut menu yang memang sudah disediakan didalamnya. Sebenarnya Blackberry memiliki banyak sekali menu rahasia yang mungkin belum Anda ketahui. Tapi ingat Gan, jangan berani mencoba Trik Gila Cara Menyedot Pulsa Orang, soalnya dosa ditanggung sendiri, he..he..he..

Berikut Tips Trik Unik Terlengkap
seputar Blackberry. Cekidot Gan.

 1. Cara mengecek BlackBerry Locked atau Unlocked.

 - Buka menu Options – Advanced Options – Sim Card – ketik “MEPD”.- Akan muncul baris-baris baru.
 - Blackberry yang sudah unlocked, statusnya “Disabled” semua.

 2. Cara mengecek BlackBerry kena IT Policy atau tidak (Baru atau Second)

 - Ke menu Options > Status > ketik “BUYR” - Lihat baris “Data Usage” en “Voice Usage”. - Apabila terkena IT Policy, akan terlihat tulisan “IT Policy”. - Apabila tidak mendapat IT Policy, Kn terlihat jumlah pemakaian si BlackBerry. - Misalnya blackbery masih baru, seharusnya 0 semua,Tapi datanya bisa di reset kok.

 3. Akses Informasi PIN > IMEI > VendorID > FreeMem > Versi OS > etc.

 Dari Menu Icon, bisa pencet tombol “ALT” > “NUM / Aa / Cap” > “H” bersamaan Atau bisa ke Options > Status.


4. Merestart BlackBerry apabila kena Hang.
 Tekan tombol “ALT” > “Cap / Aa yang sebelah Kanan” > “DEL” bersamaan

 5. Memory BlackBerry mulai berkurang.

 - Dapat menggunakan cara 4 - Bisa juga dengan mencabut baterai selama 3 menit, kemudian pasang lagi

 6. Setting Alert masing-masing email / SMS / YM / Facebook, dll.

 - Pilih icon “Profiles”, scroll ke paling bawah sampai menu “Advanced” kemudian klik,pilihlah profil yang akan di edit.
 - Contoh: Messages [Yahoo]. -lihat tulisan “Out of Holster” Bisa di rubah ke None / Vibrate / Tone /
 Vibrate + Tone - Lalu pilihlah ringtone-nya. - Jangan lupa atur volumenya, jangan sampai mute. sama saja bohong dong. - Kemudian atur di bagian “In Holster”, maksudnya selama di Pouch/ Holster, alert-nya mau seperti apa.Kalau Out Of Holster cuma bunyitanpa getar dan volume Low / Medium > bagian In Holster nya
 dibuat getar + Volume High.Ingat Pengaturan ini per email Account ya!

7. Memisahkan SMS dengan Email.

 - Buka icon “Messages”.- klik Menu kemudian Pilih Options >General Options.- Pada menu “SMS and email Inboxes” pilih Separate

8. Tampilan Inboxdibuat lebih menarik.

 - Buka icon “Messages”. - klik Menu en pilih Options > General Options - Display Order “Name, Subject”. - Display Message Header On “2 lines”. - Separators “Stripes”. - Keep Messages “15 days” > Biar irit memory.

9. Shortcut bernavigasi di email.

 - “N” – untuk next email (berurutan). - “P” – untuk previous email (berurutan). - “U” – untuk next unread email

 10. Shortcut bernavigasi di content email or Browser.

 - “T” untuk ke paling atas (TOP). - “B” untuk ke paling bawah (BOTTOM). - [space] untuk scroll ke bawah …mirip page down. - [shift/num/Aa kiri] + [space] untuk scroll ke atas atau page up. - menampilkan menu pilihan di browser, tekan tombol [alt]. - memilih menu terkadang [space], [enter] atau tekan scroll wheel / ball nya.

 11. Apabila ada email atau message yang belum terbaca tapi keburu kehapus, untuk menampilkan kembali
 coba buka di Folder Saved Messages, apabila masih belum ketemu, coba restart Blackberry nya (Cara no 4).

 12. Kenapa beberapa icon email hilang?

 Biasanya dikarenakan BlackBerry baru saja di wipe atau install ulang atau diupgrade.
 Cara mengembalikannya, Login ke web http://operator.blackberry.com …kemudian pilih “Service Books” , klik
 tombol “Send Service Books” tunggu sebentar, maka icon-icon tersebut akan muncul lagi

13. Problem Koneksi

 Lihat tulisan GPRS / EDGE / GSM pada layar BlackBerry, huruf besar kecil ada artinya.
 GSM: maksudnya BlackBerry cuma bisa dipakai BlackBerry saja, call dan SMS. gprs / edge (huruf kecil): artinya BlackBerry sdh memperoleh sinyal untuk data (gprs/edge) tapi belum bisa untuk koneksi data BlackBerry. GPRS / EDGE (huruf besar): artinya BlackBerry sudah bisa digunakan untuk koneksi data.

14. Mengatur biar langsung Call
 Tanpa +62 dulu, alias bisa 021 xxx atau 08 xxxx

 Pencet tombol hijau untuk Dial, lalu klik Menu > pilih Options > pilih Smart Dialing > lalu ke Country Code dan pilih “+62″

      7.tips seputar blackberry

perangkat Blackberry "memaksa" penggunanya untuk beradaptasi karena beberapa hal yang biasanya cukup mudah dilakukan di ponsel lain tiba-tiba menjadi hal yang agak sulit dilakukan di Blackberry. Beberapa "masalah" yang saya temukan selama hampir setahun menggunakan Blackberry adalah bagaimana cara mengosongkan call log , bagaimana menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan, dan bagaimana cara cepat mengetahui PIN saya sendiri. Setelah melakukan pendekatan yang intens dengan..mbah Google (hehehe) akhirnya saya menemukan tips yang semoga tidak basi bila di- share di sini. Mohon maaf jika tips ini ternyata sudah basi, maklum saya gaptek bb  Oya, sedikit catatan, perangkat yang saya gunakan adalah Blackberry Gemini dengan OS 6 dan berbahasa Inggris, sehingga kemungkinan ada perbedaan untuk Blackberry dengan tipe dan OS serta bahasa yang berbeda.

      8.Mengosongkan Call Log

Saya terkejut ketika tahu bahwa Blackberry saya masih menyimpan call log sejak pertama perangkat tersebut digunakan. Buat saya ini
kelak bisa menjadi penyebab Blackberry menjadi lemot. Lagipula saya juga punya kebiasaan mengosongkan call log. Tapi bagaimana
caranya mengosongkan call log karena ketika saya menekan tombol " Call " (tombol berwarna hijau) dilanjutkan dengan menekan tombol
 "Menu " (tombol dengan logo Blackberry), tidak ada pilihan semacam Delete All Logs. Lalu masa' saya harus menghapus call log satu- satu?

     9.Akhirnya saya menemukan caranya, sbb :

1. Tekan tombol " Call " (tombol yang berwarna hijau) untuk menampilkan call log ,
2. Tekan tombol " Shift " (tombol yang ada di pojok kiri di bawah angka 7, bersimbol tanda panah atas dan aA),
3. Gulirkan trackpad untuk memilih call log yang akan dihapus,
4. Setelah call log terpilih semua, berikutnya tekan tombol " Menu " (tombol berlogo Blackberry) untuk menampilkan pilihan-pilihan,
5. Pilih pilihan " Delete", jika sistem bertanya apakah Anda yakin ingin menghapus, jawab saja dengan memilih pilihan "OK ",
 6. Setelah beberapa saat, call log pun kosong. Menghapus Aplikasi yang (Sudah) Tidak Digunakan

Sebagai seorang installer (rajin menginstal maksudnya), Blackberry saya pernah berisi beragam aplikasi. Namun lambat laun ada
beberapa aplikasi yang saya merasa sudah tidak membutuhkannya lagi. Namun bagaimana cara menghapus (lebih tepatnya meng-
uninstall) aplikasi tersebut? Ada yang bilang, "Cukup dihapus saja dari menu utama Blackberry" tapi buat saya kok masih meragukan
karena sepengetahuan saya yang ada di menu utama itu biasanya cuma shortcut (jalan pintas) dari aplikasi ybs.

      10.Akhirnya atas petunjuk mbah Google, saya menemukan caranya sbb :

1. Dari layar utama ( Homescreen ), tekan tombol " Blackberry " untuk masuk ke menu utama,
2. Cari dan pilih menu " Option" (biasanya bergambar kunci Inggris),
 3. Dari pilihan yang disediakan, pilih pilihan " Applications" untuk meminta perangkat menampilkan aplikasi yang terinstal di Blackberry kita,
4. Daftar aplikasi pun tampil, perhatikan di sudut kanan atas layar, pastikan bahwa daftar aplikasi yang tampil merupakan third-
party application dalam artian bahwa aplikasi tersebut berasal dari pihak ketiga, dan bukan merupakan bawaan default Blackberry,
5. Pilih aplikasi yang ingin dihapus, kemudian tekan tombol " Blackberry " dan pilih pilihan " Delete" untuk menghapus,
6. Sistem akan bertanya apakah Anda yakin ingin menghapus? Jawab saja dengan memilih pilihan " OK",
 7. Setelah beberapa saat, aplikasi tersebut sudah ter- uninstall dari perangkat. Kadang-kadang kita diminta me- restart Blackberry, lakukan saja.

      11.Mengetahui Nomor PIN Sendiri

Saya masih cukup kesulitan menghafal PIN Blackberry saya sendiri. Jika ada yang menanyakan nomor PIN, biasanya melihat profil saya
sendiri hanya untuk sekadar mengetahui PIN-nya.

Tapi beberapa waktu lalu ada seorang teman yang memberitahu saya caranya, sbb :
1. Buka salah satu percakapan via BBM yang sudah kita lakukan,
2. Di kotak chat, ketikkan "mypin " (tanpa tanda petik) kemudian diikuti dengan spasi,
3. Hei! Ternyata nomor PIN saya tampil!



Cara Kerja Furifier ( Pemisah minyak dan Air )

Cara Kerja Furifier ( Pemisah minyak dan Air )


Pada setiap motor, Boiler dan Incinerator yang menggunakan bahan bakar
minyak sebagai sumber penghasilan tenaga, pembakar pada burner dan bahan pelumas untuk mencegah kerusakan
akibat gesekaa Pemakaian bahan bakar, minyak lumas serta perawatannya perlu
diperhatikan dan dijaga keberhasilannya. Maksud diadakan perawatan tersebut
agar bahan bakar dan minyak lumas dalam pemakaiannya tidak mempengaruhi daya
kerja dari motor, proses pembakaran dan pelumasan.

Untuk menghindari terjadinya suatu masalah pada motor, boiler dan incinerator maka diadakan suatu system pembersihan bahan
bakar yang dimulai sejak bahan bakar berada dalam tangki dasar berganda (Double
Bottom), pengendapan dalam settling dan service tank, sedangkan minyak lumas
sejak berada di settling dan service tank.

Pada Purifier pembersihan dilakukan dengan system gerak putar
(sentrifugal), jika tenaga sentrifugal diputar beberapa ribu kali putaran dalam waktu
tertentu maka tenaganya akan lebih dari gaya gravitasi dan statis. Tujuan
dari pembahasan tentang purifier ini untuk memperdalam pemahaman dan mendalami
akan prinsip keija dari purifier dan pengaruh penggunaan gravity disc serta putaran
yang tidak maksimun terhadap kemurnian bahan bakar dan minyak pelumas yang
bersih.

Prinsip Pemisahan

Prinsip pembersihan terdiri dari beberapa jenis, hal ini
disebabkan karena perbedaan berat jenis (BJ) zat cair tersebut. Namun yang sering dipakai di kapal yaitu:

1. Metode Gaya Gravitasi

Metode gaya gravitasi adalah cara daripada gaya berat, yaitu
bahan bakar dari tangki dasar berganda dialirkan ke tangki penyimpanan bahan
bakar dalam waktu tertentu untuk mengendapkan air dan lumpur yang dikandung oleh
bahan bakar

Contoh:
Suatu cairan yang mengandung minyak jika diendapkan pada suatu
wadah atau tangki maka dengan gaya gravitasi bumi cairan yang mempunyai berat
jenis yang lebih besar akan ketitik pusat bumi daripada cairan yang mempunyai
berat jenis lebih kecil, sepertipada gambar ini

2. Metode Pembersih Sentrifugal

Mesin pemisah kotoran yang lazim disebut Separator/purifier yaitu pemisah dengan putaran yaitu
melakukan pemisahan dengan pengendapan di bidang sentrifugal.

Jika pengendapan dengan gaya sentrifugal bekerja sesuai dengan
rpm 1500-1900 per menit, maka pemisahan dan pembersihannya jauh lebih besar
daripada pengendapan gravitasi bumi, seperti pada gambar (2-2).

Keuntungan-keuntungan Purifier jenis Alva Laval Type MPOX 205
adalah:

a. Lumpur-lumpur dapat dipisahkan dengan mudah dan dibuang
dengan cara diblow up.

b. Gerakan pembuangan lumpur dilakukan dalam suatu waktu yang
singkat dengan pembersih yang tinggi.

c. Proses pembersihan jauh lebih efisien dan ekonomis disbanding
dengan metode gravitasi.

Cara kerja Purifier

Cara kerja purifier sangat identik dengan gaya berat yang daiam
prosesnya didukung oleh gaya sentrifugal sehingga proses pemisahannya sangat
cepat. Percepatan gaya sentrifugal besarnya antara 6000-7000 kali lebih besar
dari pengendapan gravitasi statis.

Pada gambar yang terlampir
diatas memperlihatkan bentuk bagan suatu bowl dari sentrifugal,
susunan alat-alat dan cara kerjanya sebagai berikut:

Pada gambar oil purifier diatas memperlihatkan bentuk bagan suatu bowl dari sentrifugal, susunan alat-alat dan cara kerjanya sebagai berikut:
Bowl itu terbagi atas dua bagian yaitu: bagian atas (1) dan bagian bawah (2) di bagian bawah ini terletak suatu dasar yang dapat bergerak (3) jika pembersih tidak bergerak maka dasar ini terletak seperti digambarkan pada bagian kiri gambar. Cincin yang dapat dipindah – pindahkan (4) dibawah pengaruh pegas – pegas yang digambarkan, dalam posisi teratas, seperti dinyatakan dibagian kanan gambar. Sekeliling poros dekat (A) ada suatu cincin isian yang tidak bergerak (tidak digambarkan) dimana dapat dimasukkan air ke dalam kamar-kamar (5) atau (12) menurut keperluannya. Setelah sentrifugal mencapai putaran normal yaitu kira-kira 5 menit setelah digerakkan dari suatu tangki kecil yang khusus dipasang untuk itu, melalui cincin isi dimasukkan air ke dalam kamar (5). Melalui lubang-lubang (6) air ini masuk ke bawah dasar yang dapat bergerak (3). Jadi mendapat tekanan gaya-gaya sentrifugal dan dengan demikian dasar ini mengempa ke atas, dalam posisi yang digambarkan di sebelah kanan lubang (7), sekeliling bowl oleh karena itu sentrifugal tertutup dan siap pakai.
Setelah dimasukkan dahulu air dan sesudah itu minyak, maka pekerjaan yang normal dapat dimulai air yang telah dipisahkan keluar melalui lubang (8) dan minyak yang bersih keluar melalui pinggiran (9), kotoran yang dapat berkumpul secara lambat laun di bagian lingkaran yang diberi bentuk konis dinyatakan dengan (10). Untuk membersihkan "bowl" saluran masuk minyak ditutup dulu, sesudah itu sebagai pengganti minyak dimasukkan air, sehingga hanpir semua minyak yang tadinya berada di dalam bowl keluar melewati pinggiran (9). Kelebihan air keluar di (11). Sesudah itu air dimasukkan lagi dari tangki kecil melalui cincin isian ke dalam kamar (12). Dari sini air masuk melalui saluran (13) di atas cincin (4). Juga air ini mendapat tekanan oleh gaya-gaya sentrifugal dan mengempa cincin (4) ke bawah sambil menekan pegas-pegas menjadi satu, memang sebagian air keluar melalui lubang-lubang (15), akan tetapi yang masuk lebih banyak daripada yang hilang.
Karena menurunnya cincin (4) maka lubang-lubang (14) menjadi terbuka. Di atas dasar (3) suatu tekanan tinggi yang disebabkan oleh gaya sentrifugal dan air di dalam bowl. Tekanan ini mengempa dasar (3) ke bawah, dimana airnya di bawah keluar melalui lubang-lubang (14) dan (15). Oleh menurunnya dasar (3) maka lubang-lubang (7) menjadt terbuka oleh karena itu kotoran disemprotkan keluar dalam waktu komparteinen terpisah dan selubung aparat dimana air disalurkan keluar.
Jika selanjutnya pemasukan air melalui (12) dan (13) sebelah atas dan cincin diputuskan, maka semua air yang ada disana keluar melalui lubang-lubang (15), dan cincin ini dibawah pengaruh pegas-pegasnya kembali kedalam posisi teratas, keadaannya lalu kembali seperti pada permulaan uraian ini dan cara kerjahya dapat diulangi lagi.

Prinsip Pemisahan pada oil purifier kapal
Prinsip pembersihan terdiri dari beberapa jenis, hal ini disebabkan karena perbedaan berat jenis (BJ) zat cair tersebut. Namun yang sering dipakai di kapal yaitu:
1.Pemisahan oil purifier Metode Gaya Gravitasi
Metode gaya gravitasi adalah cara daripada gaya berat, yaitu bahan bakar dari tangki dasar berganda dialirkan ke tangki penyimpanan bahan bakar dalam waktu tertentu untuk mengendapkan air dan lumpur yang dikandung oleh bahan bakar

2. Pemisahan oil purifier Metode Pembersih Sentrifugal
Mesin pemisah kotoran yang lazim disebut Separator/purifier yaitu pemisah dengan putaran yaitu melakukan pemisahan dengan pengendapan di bidang sentrifugal.
Jika pengendapan dengan gaya sentrifugal bekerja sesuai dengan rpm 1500-1900 per menit, maka pemisahan dan pembersihannya jauh lebih besar daripada pengendapan gravitasi bumi,
Keuntungan-keuntungan Purifier jenis ini adalah:
a. Lumpur-lumpur dapat dipisahkan dengan mudah dan dibuang dengan cara diblow up.
b. Gerakan pembuangan lumpur dilakukan dalam suatu waktu yang singkat dengan pembersih yang tinggi.
c. Proses pembersihan jauh lebih efisien dan ekonomis disbanding dengan metode gravitasi.

Perawatan oil purifier Ditinjau dari Segi Manajemen
Berkembangnya suatu perusahaan pelayaran sangat tergantung pada kelancaran dan pengoperasian kapal-kapalnya. Salah satu tujuan dari perusahaan pelayaran adalah memperoleh keuntungan yang sebesar besarnya, keuntungan perusahaan akan bertambah bila pendapatan meningkat dan biaya operasi kapal dapat diminimalkan.
Demikian juga yang harus dilakukan pada purifier ini agar system instalasi bahan bakar pada motor induk tidak terganggu akibat bahan bakar tercampur kotoran dan air sehingga dapat mengganggu kelancaran operasi kapal yang pada akhirnya akan merugikan perusahaan maka purifier harus dirawat secara baik dan berencana sesuai dengan metode manajemen
Untung ruginya suatu perusahaan pelayaran sangat dipengaruhi pada perawatan kapal tersebut sedangkan perawatan ddtinjau dari sudut manajemen mencakup:

1. Planning (perencanaan) oil purifier
Sebelum memulai suatu manajemen perawatan dalam hal ini perawatan pada purifier terlebih dahulu dibuat suatu rencana yang sesuai dengan buku petunjuk yang diberikan oleh pabrik pembuat.
Maksud dari rencana perawatan diatas adalah perawatan yang meliputi pembersihan saringan secara rutin dan pengeluaran sisa-sisa kotoran setelah proses penyaringan akan mengendap pada piring-piringnya.
Apabila Purifier tersebut telah melampaui batas kerja (3000 jam) sesuai yang disayratkan maka akan segera diadakan overhould untuk pembersihan Purifier, karena kotoran-kotoran yang menempel harus dikeluarkan kemudian dibersihkan dengan menggunakan sekrap minyak solar.

2. Organizing (pengorganisasian) oil purifier
Pengorganisasian adalah merupakan pembagian tugas yang akan dilaksanakan yaitu menyangkut perawatan yang telah disusun sehingga rencana perwatan tersebut dapa dilaksanakan dengan baik dan teratur, Jadi masisnis yang ditunjuk harus menyusun rencana kerja perwatan sesuai dengan buku petunjuk dan pengadaan suku cadang dari purifier tersebut. Agar rencana kerja perawatan purifier ini tidak bebenturan dengan perawatan mesin yang lain maka masinis yang ditunjuk harus berkonsultasi dengan kepala kerja dalam hal ini Masinis I.

3. Actuating (pelaksanaan) oil purifier
Setelah rencana perawatan telah diorganisasikan atau disusun dengan baik, maka penanggung jawab pada perawatan purifier dalam hal ini Masinis yang ditunjuk dapat melaksanakan pengorganisasian rencana perwatan tersebut, termasuk penggantian suku cadang yang aus, robek dan rusak.

4. Controlling (pengawasan) oil purifier
Pengawasan ini sangat penting pada perawatan dilihat dari segi manajemen, karena dengan pengawasan dapat dilihat sumber daya manusia yang berkualitas dan loyal terhadap perusahaan. Pengawasan pada setiap pekerjaan yang telah dilaksanakan, Karena pengawasan ini bukan saja untuk mencari kesalahan tetapi
juga untuk menemukan kesalahan dalam pelaksanaan tugas sehingga dapat diperbaiki demi kelancaran tugas dimasa yang akan datang.

postingan saya ini yang bersumber dari indonesian marine engineer , sebagian besar bahkan hampir semua postingan ini hasil copas




Kamis, 09 Januari 2014

Cara perbaiki speedometer yang mati di greco

warga GCC, ini saya ada masukan sedikit bagi para pemakai greco jika speedometer mati...biasanya yang rusak adalah Kapasitor kecil..ukurannya 25volt/3,3uf..
untuk cara bongkarnya:
1.lepas penutup speedometer,siapkan obeng plus pendek

2.setelah terlepas,tarik speedometer secara perlahan,hati2x krn dibelakang ada 3 soket kabel penghubung....selipkan tangan dibelakang, cari soket tersebut kmdn tarik dgn menekan klipnya
3.lepas penutup mika speedometer dengan menekan klip disekitarnya
4.tarik perlahan...jika kotor sekalian aja dibersihkan

 
 
5.setelah itu lepas mesin dari speedometer dengan melepas baut dibelakang dengan obeng plus
6.setelah terlepas,cobadiperhatikan dibelang mesin speedometer bagian atas akan terlihat ada 2-3 kapasitor kecil, biasanya salah satu ada yang rusak, secara fisik bisa terlihat,pecah, atau meler keluar oli/karak..
8.lepas dengan solder kecil,ganti yang baru...dicarikan ditoko elektronika seharga Rp1000, setelah itu bisa dirangkai kembali...

9.sekalian turun,dibersihkan saja dari kotoran,...speedometer selesai hati puas, semua gembira.........
10.sekian terimakasih............GCC Jogja


Sumber dari : great corolla club

Test injector


Test injector engine komatsu 12 V

mesin mitsubishi 8 DC 9

Sedang OH mesin MIT 8 DC 9 punt exc kobelco

exc komatsu pc 1600



Alat untuk bongkar muat batu bara

cara buat menu tab di blog




<style type="text/css">

.black{
float:left; margin-bottom:10px;
padding:0px; width: 100%;
overflow: hidden; background: #499bea;
background: -moz-linear-gradient(top, #999 0%, #000 100%);
background: -webkit-gradient(linear, left top, left bottom, color-stop(0%,#999), color-stop(100%,#000));
filter: progid:DXImageTransform.Microsoft.gradient( startColorstr='#999', endColorstr='#000',GradientType=0 );
-moz-box-shadow: 1px 1px 10px #888;
-webkit-box-shadow:1px 1px 10px #888;
-webkit-border-radius: 6px;
-moz-border-radius: 6px;
border-radius: 6px;}

.black ul{
margin: 0; padding: 0; padding-left: 10px;
font: bold 14px Verdana;
list-style-type: none; }

.black li{
display: inline; margin: 0;}

.black li a{
float: left; text-decoration: none;
margin: 0; padding:12px; color: white;}

.black li a:visited{color: white; }
.black li a:hover, .black li.selected a{color:#ccff00;}

#searchboxo{
width:250px; float:right; padding: 4px; margin:0px; }

#searchboxo form input.searchinput{
background: #fff; padding:6px; margin:0px; width: 160px;
border: solid 1px #999; outline: none;
-webkit-border-radius: 6px; -moz-border-radius: 6px; border-radius: 6px;
-moz-box-shadow: inset 0 1px 3px #666;
-webkit-box-shadow: inset 0 1px 3px #666;
box-shadow: inset 0 1px 3px #aaa; }

#searchboxo form input.submitbutton{
cursor:pointer; width: 60px;
background: #FCFCFC;
background: -moz-linear-gradient(top, #FCFCFC 0%, #E8E8E8 100%);
background: -webkit-gradient(linear, left top, left bottom, color-stop(0%,#FCFCFC), color-stop(100%,#E8E8E8));
filter: progid:DXImageTransform.Microsoft.gradient( startColorstr='#FCFCFC', endColorstr='#E8E8E8',GradientType=0 );
border:1px solid #d8d8d8;
-webkit-border-radius: 6px; -moz-border-radius: 6px; border-radius: 6px;
color:#000; padding:4px; text-shadow:1px 1px #fff;}

</style>

<div class='black'>
<ul><li><a href=" #">NAMA MENU</a></li>
<li><a href="http://yantosumedang.blogspot.com/search/label/Tentang%20Toyota%20great%20corolla">Tentang toyota great</a></li>
<li><a href="#">NAMA MENU</a></li>
<li><a href="#">NAMA MENU</a></li>
<li><a href="#">NAMA MENU</a></li>
<li><a href="#">NAMA MENU</a></li>
<li><a href="#">NAMA MENU</a></li>
</ul>

<div id='searchboxo'>
<form action='/search' id='searchform' method='get'> <input class='searchinput' id='searchbox' name='q' onblur='if (this.value == "") {this.value = "Insert keyword here...";}' onfocus='if (this.value == "Insert keyword here..."{this.value = "";}' type='text' value='insert keyword here...'/><input class='submitbutton' type='submit' value='search'/></form></div></div>

sistem pendingin mesin diesel


SISTEM PENDINGIN MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR LISTRIK



1. Prinsip Kerja Sistem Pendinginan Diesel Penggerak Generator.
Motor diesel penggerak generator yang banyak dipakai di lapangan, umumnya motor diesel selinder tunggal-horisontal berpendingin air. Sirkulasi air pendingin menggunakan sistem sirkulasi alam atau dengan sirkulasi air pendingin tidak menggunakan pompa sirkulator (water pump).
Sirkulasi jenis ini berlangsung karena adanya perbedaan berat jenis air pendingin akibat rambatan panas yang diterima dari blok selinder. Sirkulasi air pendingin tersebut dapat dipahami dengan memperhatikan ilustrasi air yang dipanaskan di atas tungku pemanas, berikut ini :


Air Yang Dipanaskan Pada Tungku Pemanas
Air yang suhunya tinggi (panas) memiliki berat jenis yang lebih rendah dan cenderung bergerak ke atas (permukaan). Sebaliknya air yang suhunya lebih rendah (lebih dingin) berat jenisnya akan lebih tinggi dan cenderung bergerak ke bawah (di sekitar blok selinder). Keuntungan dari sirkulasi jenis ini tidak memerlukan pompa sirkulator sehingga konstruksinya lebih sederhana.
Tipe-Tipe Sistem Pendinginan Air Diesel Penggerak Generator. Secara garis besarnya sistem pendinginan air di atas dapat dibagi dalam 3 tipe / konstruksi, meliputi : (a). tipe Hopper, (b). tipe Radiator dan (c). tipe Kondensor.

tipe kondensor
Motor diesel dengan sistem pendinginan tipe hopper, efek pendinginan diperoleh dengan merambatkan panas blok selinder ke air pendingin, sehingga air akan menguap ke permukaan. Dalam jangka waktu operasi tertentu (40 menit sampai 1 jam) air pendingin dalam tangki harus ditambahkan. Indikator jumlah air pendingin tipe hopper ini biasanya menggunakan bola apung. Jika bola apungnya sudah tidak tampak, berarti jumlah air pendingin sudah menyusut dan perlu ditambahkan.

Motor diesel dengan sistem pendinginan tipe radiator, biasanya dilengkapi dengan kipas pendingin (cooling fan) dan tutup radiator. Saat mesin beroperasi, air yang berada di sekitar blok selinder menjadi panas dan bergerak naik ke tangki bagian atas dengan melewati sirip-sirip (fin) radiator. Efek pendinginan diperoleh dari aliran udara dari kipas pendingin ke sirip-sirip (fin) radiator. Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan tekanan udara di dalam tangki yang berakibat titik didih air pendingin akan lebih tinggi dari 1000C, sehingga dapat memperlambat proses penguapan. Keuntungannya dibandingkan dengan tipe hopper adalah frekwensi penambahan jumlah air pendingin ke dalam tangki lebih rendah.

Motor diesel dengan sistem pendinginan tipe kondensor juga dilengkapi dengan kipas pendingin (cooling fan), akan tetapi bagian atasnya tidak ditutup (tidak memiliki tutup radiator). Efek pendinginannya memanfaatkan prinsip kondensasi (pengembunan). Uap air pendingin dilewatkan ke pipa-pipa kecil yang dialiri udara dari kipas pendingin, sehingga akan mengembun dan menjadi air kembali. Air tersebut akan ditampung dalam tangki kondensor. Saat jumlah air pendingin dalam tangki bawah (di atas blok selinder) berkurang maka tekanan udaranya akan turun (terjadi kevacuman). Hal itu mengakibatkan air dalam tangki kondensor tersedot ke tangki bawah (di atas blok).
Keuntungan sistem pendinginan tipe radiator dan tipe kondensor dibandingkan dengan tipe hopper adalah mesin dapat dioperasikan
selama kurang lebih 10 jam secara terus tanpa menambahkan air pendingin ke dalam tangki.

Pengertian dari mesin diesel 4 tak

Dasar-dasar engine 4 tak 

Dasar Mesin Diesel
Siklus Dasar Mesin Diesel
Sebuah mesin diesel adalah jenis mesin termal yang menggunakan proses pembakaran internal (internal combustion engine) untuk mengubah energi yang tersimpan dalam ikatan kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik berdaya guna.
Ini terjadi dalam dua langkah

- Pertama, bahan bakar akan bereaksi secara kimia atau pembakaran dan melepaskan energi dalam bentuk panas.
 - Kedua panas menyebabkan gas yang terperangkap dalam silinder memuai dan pemuaian gas dibatasi oleh silinder menyebabkan piston bergerak memperluas ruang silinder.
Gerakan bolak-balik (reciprocating) piston ini kemudian diubah menjadi gerak rotasi oleh poros engkol (crank shaft, kruk as). Untuk mengkonversi energi kimia bahan bakar menjadi energi mekanik berdaya guna semua pembakaran internal mesin harus melalui empat kegiatan: isap, kompresi, usaha dan buang.

Bagaimana peristiwa tersebut dihitung dan bagaimana mereka terjadi membedakan berbagai jenis mesin.
Semua mesin diesel masuk ke dalam salah satu dari dua kategori, mesin siklus dua langkah atau 2 tak atau mesin siklus empat langka atau 4 tak. Siklus mengacu pada setiap operasi atau rangkaian kejadian yang berulang. Dalam kasus mesin 4 tak, mesin memerlukan empat langkah piston (isap, kompresi, usaha dan buang) untuk menyelesaikan satu siklus penuh. Oleh karena itu, diperlukan dua putaran dari poros engkol atau 720° dari rotasi poros engkol (360° x 2) untuk menyelesaikan satu siklus. Dalam mesin 2 tak peristiwa isap, kompresi, usaha dan buang terjadi dalam satu putaran poros engkol atau 360°.
Timing

Dalam pembahasan berikut dari siklus diesel adalah penting untuk mengingat kerangka waktu di mana setiap tingkah laku yang diperlukan terjadi. Waktu yang diperlukan untuk gerak pembuangan gas sisa keluar dari silinder dan udara segar ke dalam silinder, kompres udara, menginjeksikan bahan bakar dan untuk membakar bahan bakar.
Jika mesin diesel 4 tak berjalan konstan pada 1.500 putaran per menit (rpm), poros mesin akan berputar 25 putaran tiap detik atau 9.000 derajat per detik. Satu langkah selesai dalam waktu sekitar 0,02 detik.

Siklus 4 Langkah
Dalam mesin 4 tak, camshaft (noken as) disesuaikan sehingga kecepatan putarnya hanya setengah dari kecepatan putar poros engkol atau 1 putaran camshaft berbanding 2 putaran crankshaft. Ini artinya bahwa poros engkol harus membuat dua putaran lengkap sebelum noken as menyelesaikan satu putaran.
Bagian berikut akan menggambarkan empat langkah, mesin diesel memiliki katup isap dan katup buang dengan 3.5 inchi boring dan 4 inchi langkah dengan rasio kompresi 16:1, saat melewati satu siklus. Kita akan mulai pada langkah isap. Semua tanda waktu yang diberikan adalah secara umum dan akan bervariasi dari mesin ke mesin.

Isap (Intake)
 Ketika piston bergerak ke atas mendekati 28° sebelum TMA yang diukur dengan perputaran poros engkol (crankshaft), cuping (nok) camshaft mulai mengangkat cam follower. Hal ini menyebabkan batang pendorong (pushrod) bergerak keatas dan mendorong sumbu pengungkit pelatuk (rockrer arm), pelatuk kemudian mendorong katup isap (intake valve) ke bawah dan katup (valve,klep) mulai terbuka. Langkah isap kini mulai sementara katup buang masih terbuka. Aliran gas buang membuat kondisi tekanan rendah di dalam silinder dan akan membantu menarik muatan udara segar masuk kedalam silinder.

Piston melanjutkan perjalanan ke atas sampai TMA, sementara udara segar masuk dan gas buang keluar. Sekitar 12° setelah TMA, cuping pembuangan camshaft berputar sehingga katup buang akan mulai menutup. Katup akan sepenuhnya ditutup sekitar 23° setelah TMA. Hal ini dicapai berkat pegas katup yang tertekan ketika katup dibuka, memaksa rocker arm dan cam follower kembali lagi sesuai dengan perputaran cuping camshaft. Dalam kerangka waktu selama kedua katup isap dan katup buang terbuka disebut katup saling tumpang tindih atau valve overlap (dalam contoh ini 51° overlap) dan digunakan untuk memungkinkan udara segar membantu memindahkan gas buang keluar dan mendinginkan silinder atau pembilasan. Pada kebanyakan mesin, 30 sampai 50 kali volume silinder, udara pembilasan melalui silinder selama overlap.
Udara segar yang kelebihan ini juga memberikan efek pendinginan yang diperlukan pada bagian-bagian mesin. Ketika piston melewati TMA dan mulai melakukan perjalanan menuruni lubang silinder, gerakan piston ini membuat sebuah langkah pengisapan dan terus menarik udara segar masuk ke dalam silinder.

Kompresi (Compression)
Pada 35° setelah titik mati bawah (TMB), katup isap mulai tertutup. Pada 43° setelah TMB atau 137° sebelum TMA, katup isap intake pada kedudukannya dan sepenuhnya tertutup. Di titik ini muatan udara pada tekanan normal sekitar 14,7 psi atm dan suhu udara ambien berkisar ~80°F, seperti diperlihatkan pada Gbr.2 Sekitar 70° sebelum TMA, piston telah menempuh perjalanan sekitar 2,125 inchi atau sekitar setengah dari ruang langkah kerja silinder, sehingga mengurangi setengah volume silinder. Suhu dua kali lipatnya menjadi berkisar ~160°F dan tekanan sekitar ~34 psi atm.
Sekitar 43° sebelum TMA piston telah melakukan perjalanan 3,062 inchi keatas dan volume sekali lagi dibagi dua. Akibatnya, suhu naik dua kali lipat menjadi sekitar ~320°F dan tekanan ~85 psi atm. Ketika piston telah mencapai 3,530 inchi dari ruang langkah kerja silinder, volume silinder dibagi dua lagi dan suhu mencapai sekitar 640°F dan tekanan 277 psi atm. Ketika piston telah mencapai 3,757 inci dari ruang langkah kerja silinder, volume dibagi dua dan suhu meningkat sampai 1280°F dan tekanan mencapai 742 psi atm. Dengan luas piston 9,616 inchi kuadrat maka tekanan dalam silinder mengerahkan kekuatan sekitar 7.135 lb atau 3,5 ton gaya tekan.

 Hitungan di atas untuk mesin ideal dan memberikan contoh yang baik dari apa yang terjadi di dalam mesin selama kompresi. Dalam sebuah mesin yang sebenarnya, tekanan hanya mencapai sekitar 690 psi atm. Hal ini terutama disebabkan hilangnya panas ke bagian mesin sekitarnya Injeksi bahan bakar (Fuel Injection)
Bahan bakar dalam keadaan cair diinjeksikan ke dalam silinder pada waktu dan perkiraan yang tepat untuk memastikan bahwa tekanan pembakaran pada piston di paksa tidak terlalu dini atau terlalu terlambat, seperti yang ditunjukkan pada Gbr.3. Bahan bakar memasuki silinder dimana panas udara yang dimampatkan telah ada, namun bahan bakar hanya akan terbakar ketika berada dalam keadaan menguap, hal tersebut tercapai melalui penambahan panas dan dicampur dengan pasokan oksigen. Tetesan menit pertama pemasukan bahan bakar ke ruang bakar dengan cepat menguap. Penguapan dari bahan bakar menyebabkan udara disekitar bahan bakar mengalami pendinginan sehingga udara membutuhkan waktu untuk mendapatkan panas yang cukup untuk menyalakan menguapan bahan bakar. Injeksi bahan bakar dimulai pada 28° sebelum TMA dan berakhir pada 3° setelah TMA, karena itu bahan bakar diinjeksikan untuk durasi dari 31°.

Usaha (Power)
Kedua katup tertutup dan muatan udara segar telah dikompresi. Bahan bakar telah disuntikkan dan mulai terbakar. Setelah piston melewati TMA, panas dengan cepat dihasilkan oleh penyalaan dari bahan bakar dan menyebabkan peningkatan tekanan pada silinder. Suhu pembakaran sekitar 2.336°C. Kenaikan gaya tekan pada piston ke bawah meningkatkan gaya puntir pada poros engkol pada langkah usaha, sebagaimana diilustrasikan pada Gbr.4. Energi yang dihasilkan oleh proses pembakaran tidak semua dimanfaatkan. Dalam mesin diesel 2 tak, hanya sekitar 38% dari daya yang dihasilkan dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan, sekitar 30% terbuang dalam bentuk panas dibuang melalui sistem pendingin dan sekitar 32% dalam bentuk panas ditolak keluar melalui knalpot. Sebagai perbandingan, mesin diesel 4 tak memiliki distribusi termal dari 42% dikonversi menjadi kerja yang berdaya guna, 28% panas yang dibuang melalui sistem pendinginan dan 30% panas yang dibuang keluar melalai knalpot.

Pembuangan (Exhaust)
Seraya piston mendekati 48° sebelum TMB, cuping cam pembuangan mulai memaksa cam follower keatas, menyebabkan katup buang tertekan dari kedudukannya. Seperti yang ditunjukkan pada Gbr.5, gas buang mulai mengalir keluar dari katup buang akibat tekanan silinder dan masuk ke dalam manifold pembuangan. Setelah melalui TMB, piston bergerak ke atas dan mengalami percepatan sampai kecepatan maksimum pada 63° sebelum TMA. Dari titik ini piston mengalami perlambatan. Selama kecepatan piston melambat, kecepatan gas yang mengalir keluar silinder membuat tekanan sedikit lebih rendah daripada tekanan atmosfer. Pada 28° sebelum TMA, katup isap intake terbuka dan siklus dimulai lagi

Cara mengatasi getaran dan asap tebal di mesin diesel

Penyebab Getaran Keras dan Asap Tebal di Mesin Diesel

Penyebab Getaran Keras dan Asap Tebal di Mesin Diesel.Getaran dan asap yang berwarna hitam adalah hal yang wajar pada mesin disel. Selama ini mesin berbahan bakar solar ini memiliki karakter seperti itu. Tetapi kalau getarannya sudah terlalu kencang dan asap tebal, pasti ada beberapa masalah, Lantas apa saja yang menjadi penyebab getaran keras dan kepulan asap pekat itu? Berikut penuturan :

1. Pengabutan bahan bakar tak sempurna Pada dasarnya kinerja mesin mobil, tak terkecuali disel, sangat tergantungpada proses pembakaran antara bahan bakar dan udara di ruang bakar yang sempurna. Bila proses pembakaran itu bermasalah, maka mesin akan tersengal-sengal dan kalau pun dipaksa berjalan akan tersendat-sendat. Penyebab ketidaksempurnaan proses pembakaran ada beberapa hal, di antaranya saluran dan klep injektor yang kotor karena tersumbat oleh kotoran yang terbawa bahan bakar, atau karena waktu pengabutan yang tidak stabil. “Namun bisa saja, mesin diesel yang dirancang menggunakan minyak solar spesifikasi tinggi (oktan tinggi, misalnya Pertadex) namun menggunakan solar biasa,Akibatnya, terjadi premature ignition atau ledakan premature karena pembakaran tidak sempurna. Hanya, kasus terakhir itu sangat jarang terjadi meski pemilik mesin kerap memaksakan diri menggunakan solar dengan spesifikasi lebih rendah. Tetapi bisa saja, mesin yang semestinya menggunakan solar tipe rendah tetap mengalami masalah getaran keras dan berasap tebal. Hal itu dikarenakan kualitas solar yang tidak bagus, yaitu terlalu banyaknya kandungan paraffin atau sulfur (belerang) di bahan bakar tersebut.

2. Busi atau pemantik panas proses pembakaran bermasalah Selain injektor, penyebab getaran keras pada mesin adalah satu atau beberapa busi – pada bermesin disel tipe tertentu wujudnya bukan busi tetapi seperti batang logam kecil namun berfungsi hampir sama dengan busi – telah aus. Akibatnya, pengapian yang dibutuhkan dalam proses pembakaran di ruang bakar itutidak berfungsi dengan sempurna. “Sehingga pembakaran kadang kerjadengan baik dan kadang tidak. Itulah yang menyebabkan mesin bergetar lebih keras dari biasanya,” terang Ubaidilah. Cara untuk mengatasinya cukup mudah, segeralah mengganti busi yang telah aus. Namun bila Anda menginginkan hasil yang sempurna sebaiknya mengganti semua busi. 3. Saringan udara kotor Sesuai dengan namanya, peranti ini berfungsi untuk menyaring udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin. Bila ia kotor, baik karena debu atau partikel lain, sudah tentu aliran udara ke ruang bakar tidak akan lancar. “Padahal, proses pembakaran akan berlangsung sempurna bila pasokan udara, khususnya oksigen, juga lancar. Bila proses pembakaran tidak sempurna, mesin pun mengalami getaran lebih keras dibanding getaranbiasanya,” sebut Ubaidilah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksa dan membersihkan peranti ini sepekan sekali atau paling lama dua pekan sekali. Bila sel-sel saringan telah aus segera menggantinya. Harga peranti ini tergolong tidak mahal.

4. Seal mesin aus Ihwal asap pekat yang lebih tebal daribiasanya, Ubaidilah menyebut kemungkinan besar ada kebocoran olimesin yang merembes ke ruang bakar, karena seal atau lapisan karet di sambungan antar bagian mesin atau di blok mesin robek. Sehingga tetesan oli tersebut ikut terbakar di ruang bakar dan menghasilkan asap yang pekat dari knalpot.

5. Perangkat ECU tidak akurat Penyebab lainnya timbulnya asap yang pekat dan getaran mesin adalah kinerja Electronic Control Unit (ECU) yang merupakan otak dari berbagai peranti mesin termasuk injektor sudah tidak akurat. Walhasil, timing (waktu) dan banyaknya semburan bahan bakar tidak tepat. Walhasil, campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar juga tidak sesuai dengan takaran seharusnya. Waktunya pun tidak stabil lagi, sehingga mesin seperti tersengal-sengal dan menimbulkan getaran keras plus asap yang pekat.

6. Saringan bahan bakar kotor Pada mobil bermesin disel – tipe tertentu – menggunakan saringan bahan bakar. Peranti itu berfungsi untuk menyaring bahan bakar sebelum disemprotkan ke ruang bakaroleh injektor. Bila peranti ini kotor dan tersumbat, sudah pasti asupan bakar bakar juga tidak stabil. Hasilnya, proses pembakaran tidak akan sempurna. Mesin pun tersengal-sengal dan menimbulkan getaran keras dan asap pekat. Oleh karena itu lakukan pembersihan atau penggantian saringan bahan bakar bersamaan dengan penggantian oli mesin yaitu saban mobil telah berjalan 5.000 kilometer. Kini mobil disel keluaran terbaru telah menggunakan teknologi baru yang dinamai common-rail direct injection. Peranti tersebut berfungsi untuk meningkatkan tekanan solar ke ruangbakar sekaligus menghancurkan partikel-partikel di solar yang berukuran lebih besar. Walhasil, proses pembakaran berlangsung sempurna dan asap pun semakin berkurang. Hanya, mobil yang telah menggunakan peranti itu membutuhkan solar berkualifikasi tinggi, yaitu kandungan sulfur dan parafin yang minim.

istilah yang sering kita denger di kapal

istilah pada kapal


Istilah-Istilah Pada Perkapalan
Actual Total Loss
adalah kerugian seluruhnya (karena barang pertanggungan (muatan) hilang atau musnah, contoh karena kapal terbakar, tenggelam), sehingga muatan tersebut sudah tidak dapat diselamatkan lagi

AAAA
Always Afloat Always Accessible. Istilah dalam Charter Party yang menyatakan bahwa kapal akan dioperasikan dalam keadaan selalu terapung dalam artian dioperasikan di perariran yang cukup sehingga kapal tidak kandas atau tenggelam, serta selalu dapat diakses dalam artian bisa didatangi dan dihubungi.

Aangifte van Inlading (A.v.I)
adalah pemberitahuan pemuatan (dokumen Pabean untuk melindungi muatan yang hendak dikapalkan)

Abaft
buritan, di bagian belakang

Abandonmen
Abandonmen adalah penyerahan barang pertanggungan kepada penanggung, untuk mendapat penggantian kerugian penuh.

Aboard
Di (atas, dalam), berada di atas/dalamkapal, naik kapal

Abyss
Bagian dasar laut yang menyerupai jurang ngarai yang sangat dalam, biasanya berada dalam kedalaman 300 mil

Accommodation Unit / Floatel
Biasanya digunakan untuk menyelamatau seperti jackup (liat Jackup), dilengkapi dengan kabin, fasilitas makanan dan kantor yang mampu menampung hingga 800 personel konstruksi atau operator platform lepas pantai. Sebuah unit akomodasi biasanya juga dilengkapi dengan ruang kerja dan fasilitas penyimpanan.

Acte Van Cessie
adalah akta pemindahan hak; akta resmi

Ad Valorem
adalah muatan yang mempunyai nilaijual tinggi (muatan berharga).

Adiabatic
adalah gambaran dari sistem atau proses yang tidak mengalami kehilangan atau peningkatan panas yaitu, pada keadaan konstan (constant entropy) )

Adrift
Terapung-apung, hanyut terkatung-katung. Berada dalam kondisi terapung di laut saat angin betiup kencang dan pada saat pasang air laut, biasanya digunakan untuk menyebut orang yang tidak berada pada tempatnya; meninggalkan tempat kerja.

Advolarum Rates
adalah tarif uang tambang yang berlaku dari pelabuhan utama ke pelabuhan utama lainnya.

Aframax
Sebuah kapal tanker yang memuat minyak dengan berat mati 75.000-115.000 ton. Ukuran statistik ini digunakan untuk menjaga stabilitas ukuran dari �Aframax Tanker�, karena pada beberapa tanker berat matinya lebih dari 125.000 ton atau bahkan kurang dari 70.000 ton.

Against the sun
Pergerakan yang berlawanan denganarah jarum jam. Tali yang kidal digulung dengan cara ini

AHTS
Anchor Handling Tug & Supply, kapal pengatur jangkar yang juga dikombinasikan dengan fungsi kapal suplai.

All Loss or Damage
adalah kerugian apapun yang menimpa barang pertanggungan, menjadi beban penanggung

All Risk
adalah (dipertanggungkan semua) maksudnya asuransi yang menanggung semua jenis resiko. Bisajuga diartikan "Pertanggungan untuksemua jenis kerugian dan kerusakan namun tak termasuk kerusakan karena sifat barang sendiri, kehilangan kesempatan pasar dan risiko karena kerusuhan dan peperangan".

Alongside
Berada di samping kapal, dermaga, atau tembok pelindung pelabuhan.
Altar
Tangga/undakan pada dry dock (galangan kapal), yang menuju tepi pantai atau bagian yang rendah

Ambient Temperatur
adalah suhu yang sama dengan suhulingkungan.

Anchor Handling Tug (AHT)
Kapal yang membawa tugas tertentu untuk proses operasional di laut seperti memasang dan memindahkanjangkar, mengangkut alat-alat instalasi pengeboran bawah laut, dsb. Kapal tersebut juga dapat berfungsi ganda sebagai kapal pensuplay kebutuhan (Anchor Handling Tug & Supply / AHTS).

Anchor Ice
Es, dalam bentuk apapun, yang terdapat di laut dan dapat membahayakan kapal.

Angkutan Laut
adalah setiap kegiatan angkutan dengan menggunakan kapal untuk mengangkut penumpang, barang dan atau hewan dalam satu perjalanan atau lebih dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, yang diselenggarakan oleh perusahaan angkutan laut.

ANNUAL SURVEY
Inspeksi tahunan yang dilakukan oleh petugas khusus (biasanya dari class) untuk mengecek keadaan kapal.

Apeak
Kondisi dimana tali pengait pada jangkar telah dikaitkan dan dalam kondisi vertikal.

Arbritary Rates
adalah tarif yang ditambahkan pada tarif yang telah dikenakan karena adanya penanganan-penanganan tambahan yang dilakukan terhadap muatan.

Area of Water Plane (AWP)
adalah luas bidang air pada draft tertentu.

Asphyxiant gas
adalah gas yang memiliki, sedikit racun atau tidak ada racun sama sekali tetapi dapat mengakibatkan ketidaksadaran/ kematian, karena gas ini menghilangkan oxygen.

A-stay
Kondisi tali pengait jangkar pada saatbagian ujungnya yang bergerak kira-kira sama dengan sambungan bagian depan yang diam.

Athwart
Menyeberang. Transfer

A-trip
Kondisi dimana tali pengait jangkar akan segera putus dan menghantam dasar.

Avast
Permintaan untuk segera berhenti, berhenti dari sebuah aksi.

Average
adalah kerugian yang timbul akibat dari kerusakan muatan

Awash
Terendam air, diliputi ombak

B = Buoyancy = Centre Of Buoyancy
adalah titik tangkap dari semua gaya bouyancy; titik geocentris dari bagian/badan kapal yang terbenam di dalam air pada saat kapal tegak. Letak titik B berada pada Centre Line,apabila kapal miring letak titik B akanbergeser ke arah sisi rendah

Back Freight
adalah pembayaran kembali kepada kapal, karena kapal membawa kembali muatan ke pelabuhan asalnya

Bad Weather
adalah cuaca buruk

Bale Capacity
adalah volume ruang palka dihitung dari floor sampai bawah deck beam dan antara kedua sisi dalam gading-gading (kayu bilah keringat).

Ballast
adalah bahan pemberat yang dibawauntuk memperbaiki keseimbangan kapal.



HATI-HATI TERHADAP ABANDONING THE SHIP ( MENINGGALKAN KAPAL)
Rakit menggembungkan telah terbukti jauh lebih efisien dalam situasi survival dari dinghies. Para pelaut dipersiapkan dengan baik akan memiliki semua yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup dalam rakit mereka dan sinyal posisi mereka. Daftarperalatan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

Pakaian yang tepat (yang paling penting dalam air dingin), flotasi perangkat, air (atau reverse osmosis pompa), kit pertolongan pertama, sinyal dan perangkat komunikasi, dan makanan (dan / atau ikan /peralatan berburu), pisau, laut pil sakit, matahari layar (atau minyak atau lemak). laut Sebuah jangkarmungkin juga akan berguna selama badai (dan untuk menangkap plankton).
Banyak buku menjelaskan daftar peralatan untuk membawa kapal. Kami akan fokus di sini pada situasi hidup yang berarti masih hidup dengan minimum.
Selama kecelakaan kapal, jika Anda memiliki pilihan untuk hanya mengambil beberapa hal, pilihan saya akan mengikuti. Tentu saja semua ini akan tergantung pada lokasi reruntuhan, suhu air, iklim dan jarak dari tanah (menyangka bahwa mereka diketahui).

Dua ancaman pertama bagiorang-orang meninggalkan sebuah kapal tenggelam dan hipotermia. Mereka adalah dua penyebab utama kematian di antara semua kecelakaan berlayar.

Istilah-Istilah Dalam Bidang Pelayaran
1. Pelayaran
Sesuatu yang berkaitan dengan angkutan perairan meliputi aspek kenavigasian, kepelabuhanan, dan perkapalan beserta aspek keamanan dan keselamatannya.


2. Perkapalan
Segala sesuatau yang berakitan dengan kelaiklautan, pengukuran pendataan dan kebangsaan kapal. Pengawakan Kapal (nakhoda dan anak buah kapal) beserta muatan kapal.


3. Pelayanan Luar Negeri
Kapal-kapal yang melayani jalur pelayaran luar negeri.


4. Pelayaran Dalam Negeri
Kapal-kapal yang melayani peklayaran dalam negeri.


5. Pelayaran Rakyat
Penyelenggaraan angkutan laut oleh perorangan sebagai usaha rakyat yang bersifat tradisional, melayani jalur pelayaran antar pulau.


6.Pelayaran Berjadwal (Regular Line Ships)
Pelayaran luar negeri maupun pelayaran dalam negeri yang menjalankan trayek tidak tetap dan tidakteratur waktunya sesuai kebutuhan dan permintaan pemakai/pencharter kapal.


7.Pelayaran Tiada Berjadwal (Tramper)
Pelayaran luar negeri maupun dalam negeri yang menjalankan trayek tidak tetap dan tidak teratur waktunya sesuai kebutuhandan permintaan pemakai/pencharter kapal.


8.Navigasi
Segala sesuatu yang berkaitan dengan alat bantu pelayaran yang berupa rambu-rambu perairan, telekomunikasi pelayaran, peta laut dan hidrografi.


9.Kapal
Kendaraan air dengan bentuk dan jenis apapun, yang digerakkan dengan tenaga mesin, tenaga anginatau ditunda, termasuk kendaraan yang berdaya dukung dinamis, kendaraan yang dibawah permukaan air, serta alat apung dan bangunan terapung yang dapat berpindah-pindah.


10. Pelabuhan
Tempat yang terdiri atas daratan dan perairan di sekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai sebagai tempat kegiatanpemerintahan dan kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlanuh, naik turun penumpang atau bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat pemindahan intra dan antar moda transportasi.


11.Sarana Bantu Navigasi Pelayaran
Sarana yang dibangun atau terbentuk secara alami yang berada di luar kapal yang berfungsi sebagai navigator dalam menentukan posisi atau haluan kapal, serta membertahu bahaya dan rintangan pelayaran untuk kepentingan keselamatan berlayar.


12. Telekomunikasi Pelayaran
Setitap pemancaran, pengiriman atau penerimaan tiap jenis tanda, gambar, suara dan informasi dalam bentuk apapun melalui system kawat, optic, radio atau system elektromagnetik lainnya dalam dinas bergerak pelayaran yang merupakan bagian dari keselamatan pelayaran.


13. Alur Pelayaran
Bagaian dari perairan yang alami maupun buatan yang dari segi kedalaman, lebar dan hambatan pelayaran lainnya dianggap aman untuk dilayari.


14.Pekerjaan Bawah Air
Pekerjaan yang berhubungan dengan instalasi, konsumsi atau kapal yang dilakukan di bawah air atau pekerjaan bawah air yang bersifat khusus.


15.Kelaiklautan Kapal
Ketentuan atau persyaratanyang berhubungan dengan kondisi fisik kapal, mesin, peralatan navigasi, telekomunikasi, dokumen kapal, pengawakan, keselamatan sesuai ketentuan yang berlaku sehingga kapal memenuhi syarat untuk berlayar.


16.Nakhoda Kapal
Awak yang menjadi pemimpin umum di atas kapal dan mempunyai wewenang dan tanggung jawab tertentu sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku.


17.Pimpinan Kapal
Awak kapal yang menjadi pimpinan umum di aas kapal untuk jenis dan ukuran tertentu yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab tertentu dengan berbeda dengan nakhoda kapal.

Buku Buku Yang Harus ada Di Kapal
a. Peta-peta laut yang diperlukan
b. Panduan bahari Indonesia (jilid I s/d II)
c. B.A Pilot yang diperlukan
d. List of Light (B.A dan Indonesia)
e. Tide & Stream Tables (B.A dan Indonesia)
f. Nautical Tables
g. Nautical Almanac
h. Star Charts/Identifies.
i. Admiralty Distance Tables
j. International Code of Signals

BUKU-BUKU LAIN YANG HARUS TERDAPAT DIKAPAL:
a. Journal
b. Logs (untuk radar, RDF, Gyro dll)
c. Kompas error Register book
d. Catalogue of Charts & Books (B.A dan Indonesia)
e. KUHD
f. Solas 1960 (collreg 1972)
g. Buku-buku ordonasi pelayaran di Indonesia
h. Ship’s Captain Medical Guide
i. Manual/Instuction books dari alat-alat atau pesawat-pesawat yangada di kapal (radar, RDF, Gyro dll)
j. Buku meteorologi (incl. decodefications)

ALAT-ALAT NAVIGASI YANG HARUS TERDAPAT DI KAPAL:
a. Sextant
b. Chronometer
c. Binocular
d. Magnetic kompas
e. Radio direction finder
f. Echosounder & perum tangan
g. Topdal (kelvin)/sallog (eventual)
h. Barometer&barograaf
i. Termometer udara&air laut
j. Radar
k. Gyrokompas (aventual)
l. Daylight sequal lamp (aldis lamp)
m. Bendera semboyan international
n. Alat-alat menjangka peta
o. Alat-alat semboyan bahaya

4. Oleh nautical departement akan disupply buku-buku, alat-alat navigasi selengkap-lengkapnnya.

5. Pada peta-peta dikerjakan/koreksi perubahan-perubahan menurut B.P,I dan N.T.M

6. Di kamar peta harus terdapat daftar-daftar peta.

7. Pembelian peta-peta tambahan hanya dilakukan jika amat perlu dan dapat dibeli oleh nahkoda.


Emergency Stations/Tempat Berkumpul Dalam Keadaan Darurat Di Kapal
TEMPAT BERKUMPUL DALAM KEADAAN DARURAT
(Emergency Stations)
Sijiil darurat di kapal perlu digantungkan di tempat yang strategis,sesuai,mudah dicapai,mudah dilihat dan mudah dibaca oleh seluruh pelayar dan memberikan rincian prosedur dalam keadaan darurat,seperti:

1. Tugas-tugas khusus yang harus ditanggulangi di dalam keadaan darurat oleh setiap anak buah kapal.
2. Sijil darurat selain menunjukkan tugas-tugas khusus, juga tempat berkumpul (kemana setiap ABK harus pergi).
3. Sijil darurat bagi setiap penumpang harus dibuat dalam bentuk yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebelum kapal berangkat, sijil darurat harus sudah dibuat, dan salinannya digantungkan di beberapatempat yang strategis di kapal, terutama di ruang ABK. Di dalam sijil darurat juga diberikan pembagian tugas yang berlainan bagi setiap ABK, misalnya:

*. Menutup pintu kedap air, katup-katup, bagian mekanis dari lobang-lobang pembuangan air dikapal dll. Perlengkapan sekoci penolong termasuk perangkat radio jinjing maupun perlengkapan lainnya.
*. Menurunkan sekoci penolong.
*. Persiapan umum alat-alatpenolong/penyelamat lainnya.
*. Tempat berkumpul dalam keadaan darurat bagi penumpang.
*. Alat-alat pemadam kebakaran termasuk panel kontrol kebakaran.

Selain itu di dalam sijil darurat disebutkan tugas-tugas khusus yang dikerjakan oleh anak buah kapal bagian CD (koki, pelayan dll), seperti:
1. Memberikan peringatan kepada penumpang.
2. Memperhatikan apakah mereka memakai rompi renang mereka secara semestinya atau tidak.
3. Mengumpulkan para penumpang di tempat berkumpul darurat.
4. Mengawasi gerakan dari para penumpang dan memberikan petunjuk di. gang-gang atau di tangga.
5. Memastikan bahwa persediaan selimut telah dibawa ke sekoci / rakit penolong.

Dalam suatu hal yang menyangkut pemadaman kebakaran, sijil darurat memberikan petunjuk cara-cara yang biasanya dikerjakan pada waktu terjadi kebakaran, serta tugas-tugas khusus yang harus dilaksanakan dalam hubungan dengan operasi pemadaman, peralatan-peralatan dan instalasi pemadam kebakaran di kapal.
Sijil darurat harus membedakan secara khusussemboyan-semboyan panggilan bagi ABK untuk berkumpul di sekoci penolbng mereka masing-masing, di rakit penolong atau di tempat berkumpul untuk memadamkan kebakaran. Semboyan-semboyan tersebut dapat diberikan dengan menggunakan suling kapal atau sirine, kecuali di kapal penumpang untuk pelayaran Internasional jarak pendek dan di kapal barang yang panjangnya kurang dari 150 kaki (45.7 m), yang harus dilengkapi dengan semboyan-semboyan yang dijalankan secara elektronis. Semua semboyan ini dibunyikan dari anjungan.
Semboyan untuk berkumpuldalam keadaan darurat terdiri dari 7 atau lebih tiuppendek yang diikuti dengan 1 tiup panjang dengan menggunakan suling kapal atau sirine dan sebagai tambahan semboyan ini, boleh dilengkapi dengan bunyi bel atau gong secara terus menerus
(........---------). Jika semboyan ini berbunyi, berarti semua orang di ataskapal harus mengenakan pakaian hangat dan baju renang dan menuju ke tempat darui'at mereka. ABK melakukan tugas mereka sesuai dengan apa yang tertera di dalam sijil darurat dan selanjutnya menunggu perintah. Setiap jurumudi dan anak buah sekoci, menuju kesekoci danmengerjakan :

1. Membuka tutup sekoci, dilipat dan masukkan ke dalam sekoci (sekoci-sekqci kapal modern sekarang ini sudah tidak memakai tutup lagi tetapi di biarkan terbuka);
2. 2 Orang di dalam sekoci masing-masing seorang didepan untuk memasang tali penahan sekoci yang berpasak (cakil) dan seorang yang dibelakang untuk memasang prop sekoci.
3. Tali penahan yang berpasak tersebut dipasang sejauh mungkin ke depan tetapi sebelah dalam dari lopor sekoci dan di sebelah luar tali-tali lainnya, lalu dikencangkan.
4. Memeriksa apakah semua awak kapal dan penumpang telah memakai baju renang dengan benar.
5. Selanjutnya siap menunggu perintah.

Cara mempersiapkan sekoci-sekoci penolong, tentu saja sangat bergantung dari jenis dewi-dewi, perlengkapan sekoci, letak dan penataan dewi-dewi di dek. Dengan sendirinya, dalam keadaan darurat perlu selalu dipikirkan untuk membawa perlengkapan tambahan, selain dari perlengkapan sekoci yang telah ada, seperti selimut-selimut, makanan, susu dll,

Kapal Tanker

kapal tanker

Gas Tanker Handling & Stowage
Gas - gas yang dicairkan yang diangkut menggunakan kapal laut dapat dibagi atas :
1. Liquid Petroleum Gas ( LPG )
2. Liquid Natural Gas ( LNG )
A. L P G ( Liquid PetoleumGas ) :
Cairan gas ini merupakan campuran dari unsur - unsur petroleum hydrocarbon, yang terdiri semata - mata atas Prophane dan Buthane. Namun gas - gas kimia hasil ikutan dari industri petroleum,
seperti Ammonia Hidroksida( NH ), Vinyl Chloride Monomen ( VCM ), Ethylene dan lain - lain kadang - kadang juga diangkut dengan kapal laut.
Gas - gas tersebut diatas diangkut dengan kapal laut dalam bentuk cairan. Untuk mencairkannya dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut :

1. Dibawah tekanan pada temperatur Ambient ( sekitarnya ).
2. Didinginkan penuh ( i. a. pada titik didihnya ) pada suhu antara ( - ) 30° C dan ( - ) 48° C, kecuali Ethylene yang mempunyai titik didih sekitar ( - ) 104 ° C (kemudian diturunkan suhunya).
3. kombinasi dari keduanya ( yaitu ditekan dan diturunkan suhunya ) (semi refrigrated )
Untuk pemuatannya, Petroleum gas dicairkan dengan cara ( umumnya ) diturunkan suhunya didaratsesuai dengan suhu yang dikehendaki. Kapal - kapal LPG dapat menurunkan sendiri atau mempertahankan suhu sehingga ( - ) 50° C . Gas - gas yang terjadi selama operasi ini (dan selama pelayaran dapat dicairkan kembali oleh system pencairan sendiri di kapal.

Suhu yang rendah harus dipertahankan selama proses pemuatan dan pengangkutan.
Nama Titik didih B.J. Gas Cair
Propane - 42,3 C 0,583
Butane - 0,5 C 0,602
Carrying Weight : Summer 45° C & Winter 32° C.............................Max 97 % of loading capacity
1. Hal - hal yang harus diperhatikan sebelum muat :
- Bila ada gas LPG mendekati Lover Exploxive Limit ( dalam vol % : 2,2 % - 9,5 % ) berikan ventilasi dengan CO2.
- Berisi sekeliling tangki, Compressor, LPG pump.
- Pasang bounding wire sebelum menghubungkan selang.
- Tutup pintu - pintu, jendela - jendela dari kamar- kamar di deck.
- Jangan ada pekerjaan yang menimbulkan panas.
- Matikan power supply yang non - anti explosive electric current.
- Jalankan G.S. Pump.
- Siapkan slang - slang kebakaran dan portable extinguishers.
- Periksa Emergency Shut Off Valves.
- Periksa Safety Valve dari tangki
- Periksa Pressure Gauge, Thermometer
- Periksa earthing antara tangki dan selang ( Pipe line)

2. Hal - hal yang harus diperhatikan selama muat :
- Muat jangan lebih dari 97% dari Loading Capacity dengan suhu harus dibawah45° C.
- Radio station kapal jangandigunakan.
- Periksa kemungkinan kebocoran
- Jangan sampai cerobong kapal mengeluarkan api.

3. Larangan memuat pada keadaan sebagai berikut :
- Electric Storm ( Badai Petir)
- Disekitar ada kapal yang sedang akan merapat atau melepaskan diri dari dermaga.
- Disekitar ada kebakaran
- Bila keadaansuhu demikian rupa, sehingga permukaan LPG didalam tangki tidak bisa dibaca.

4. P e m u a t a n :
- Dilakukan dengan atau kompressor dari darat.
Hubungan Vapour Line dan Liquid Line darat dengan Vapour Line dan Liquid Line dari kapal.
- LPG Pump dan Compressorkapal jangan digunakan.
- Liquid LPG masuk kapal melalui Liquid Line dan Vapour yang terdesak dari tangki kembali kedarat melalui Vapour line.
- Selesai muat tutup semua Valve. Emergency Shut - Off Valves.
- Bersihkan dengan ventilasisemua alat - alat, jangan sampai masih ada gas LPG yang tertinggal.

5. Pembongkaran :
- Dilakukan dengan kompressi dari kapal; juga dengan LPG pump kapal.
- Pressurised Vapour yang dihasilkan oleh kompressor yang diambil dari darat atau dari tangki yang belum dibongkar, dikompresikan ke tangki yang akan dibongkar melalui Vapour - Line. Liquid LPG mengalir melalui Liquid Line kedarat.
- Bila memakai LPG Pump, Liquid akan mengalir dulu ke pompa dan kemudian di booster ke darat.
- Selesai membongkar, tutup semua valves, Emergency Shunt Off Valve.
- Sebelum Bounding Wire Off, lepas dulu hose.
- Bersihkan dengan ventilasialat - alat yang digunakan, jangan sampai ada LPG gas yang tertinggi.

6. Yang harus dicatat selama memuat / membongkar :
- Waktu mulai memuat / membongkar
- Waktu menghubungkan / melepaskan hose.
- Saturated Vapour LPG sebelum memuat / membongkar
- Suhu udara
- Waktu start pompa / kompressor
- Suhu dengan Vapour pressure dalam tangki.
- Tekanan hisap dengan tekanan Delivery dan Capasitas pompa.
- Waktu selesai muat / bongkar.

7. Yang harus diperhatikan selama Pelayaran :
- Suhu selalu dibawa 45 C
- Tekanan Vapour selalu dibawah 17,6 kg/cm G.
- Selalu check dengan gas detector adanya kebocoran - kebocoran.
- Jangan ada perubahan - perubahan keadaan seperti setelah muat ( vaives dan lain - lain ).
- Adanya api dari cerobong.

Membersihkan tangki LPG:
- Masukkan gas N 2 keadaan tangki melalui liguid - pine.
- Hisap keluar dengan kompressor gas N 2 yang telah bercampur dengan LPG.
- Buang campuran gas N 2 dengan LPG melalui pipa ditiang.
- Bila LPG < 2 %, boleh bercampur dengan udara.
- Buka lubang tangki dan periksa 0 2 sebelum orang masuk.
- Jangan dekatkan LPG dan Vapour pada benda - benda yang panas ( bahaya kebakaran ).

B . L. N. G ( Liquid Natural Gas ) :
Gas cair ini, utamanya Ethane dan Methane, tidak dapat dapat dicairkan hanya dengan tekanan saja.Karena itu diangkut pada suhu yang amat rendah dibawah titik nol . Ethane ( - ) 104 Djt C dan Methane ( -) 165 Djt C, dan dibawah tekanan.
Nama Titik didih B.J. Gas Cair
Methane - 161,5 C 0,474
Ethane - 104 0,547
Selanjutnya cara pemuatan dan lain - lain sama denganLPG ( Bedanya hanya pada proses pencairannya ).

Fungsi dari master station di atas kapal

emergenci station di kapal


Emergency Stations/Tempat Berkumpul Dalam Keadaan Darurat Di Kapal
TEMPAT BERKUMPUL DALAM KEADAAN DARURAT
(Emergency Stations)
Sijiil darurat di kapal perlu digantungkan di tempat yang strategis,sesuai,mudah dicapai,mudah dilihat dan mudah dibaca oleh seluruh pelayar dan memberikan rincian prosedur dalam keadaan darurat,seperti:

1. Tugas-tugas khusus yang harus ditanggulangi di dalam keadaan darurat oleh setiap anak buah kapal.
2. Sijil darurat selain menunjukkan tugas-tugas khusus, juga tempat berkumpul (kemana setiap ABK harus pergi).
3. Sijil darurat bagi setiap penumpang harus dibuat dalam bentuk yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebelum kapal berangkat, sijil darurat harus sudah dibuat, dan salinannya digantungkan di beberapatempat yang strategis di kapal, terutama di ruang ABK. Di dalam sijil darurat juga diberikan pembagian tugas yang berlainan bagi setiap ABK, misalnya:

*. Menutup pintu kedap air, katup-katup, bagian mekanis dari lobang-lobang pembuangan air dikapal dll. Perlengkapan sekoci penolong termasuk perangkat radio jinjing maupun perlengkapan lainnya.
*. Menurunkan sekoci penolong.
*. Persiapan umum alat-alatpenolong/penyelamat lainnya.
*. Tempat berkumpul dalam keadaan darurat bagi penumpang.
*. Alat-alat pemadam kebakaran termasuk panelkontrol kebakaran. Selain itu di dalam sijil darurat disebutkan tugas-tugas khusus yang dikerjakan oleh anak buah kapal bagian CD (koki, pelayan dll), seperti:

1. Memberikan peringatan kepada penumpang.
2. Memperhatikan apakah mereka memakai rompi renang mereka secara semestinya atau tidak.
3. Mengumpulkan para penumpang di tempat berkumpul darurat.
4. Mengawasi gerakan dari para penumpang dan memberikan petunjuk di. gang-gang atau di tangga.
5. Memastikan bahwa persediaan selimut telah dibawa ke sekoci / rakit penolong.

Dalam suatu hal yang menyangkut pemadaman kebakaran, sijil darurat memberikan petunjuk cara-cara yang biasanya dikerjakan pada waktu terjadi kebakaran, serta tugas-tugas khusus yang harus dilaksanakan dalam hubungan dengan operasi pemadaman, peralatan-peralatan dan instalasi pemadam kebakaran di kapal.
Sijil darurat harus membedakan secara khusussemboyan-semboyan panggilan bagi ABK untuk berkumpul di sekoci penolbng mereka masing-masing, di rakit penolong atau di tempat berkumpul untuk memadamkan kebakaran. Semboyan-semboyan tersebut dapat diberikan dengan menggunakan suling kapal atau sirine, kecuali di kapal penumpang untuk pelayaran Internasional jarak pendek dan di kapal barang yang panjangnya kurang dari 150 kaki (45.7 m), yang harus dilengkapi dengan semboyan-semboyan yang dijalankan secara elektronis. Semua semboyan ini dibunyikan dari anjungan.
Semboyan untuk berkumpuldalam keadaan darurat terdiri dari 7 atau lebih tiuppendek yang diikuti dengan 1 tiup panjang dengan menggunakan suling kapal atau sirine dan sebagai tambahan semboyan ini, boleh dilengkapi dengan bunyi bel atau gong secara terus menerus
(........---------). Jika semboyan ini berbunyi, berarti semua orang di ataskapal harus mengenakan pakaian hangat dan baju renang dan menuju ke tempat darui'at mereka. ABK melakukan tugas mereka sesuai dengan apa yang tertera di dalam sijil darurat dan selanjutnya menunggu perintah. Setiap jurumudi dan anak buah sekoci, menuju kesekoci danmengerjakan :

1. Membuka tutup sekoci, dilipat dan masukkan ke dalam sekoci (sekoci-sekqci kapal modern sekarang ini sudah tidak memakai tutup lagi tetapidibiarkan terbuka);
2. 2 Orang di dalam sekoci masing-masing seorang didepan untuk memasang tali penahan sekoci yang berpasak (cakil) dan seorang yang dibelakang untuk memasang prop sekoci.
3. Tali penahan yang berpasak tersebut dipasang sejauh mungkin ke depan tetapi sebelah dalam dari lopor sekoci dan di sebelah luar tali-tali lainnya, lalu dikencangkan.
4. Memeriksa apakah semua awak kapal dan penumpang telah memakai baju renang dengan benar.
5. Selanjutnya siap menunggu perintah.

Cara mempersiapkan sekoci-sekoci penolong, tentu saja sangat bergantung dari jenis dewi-dewi, perlengkapan sekoci, letak dan penataan dewi-dewi di dek. Dengan sendirinya, dalam keadaan darurat perlu selalu dipikirkan untuk membawa perlengkapan tambahan, selain dari perlengkapan sekoci yang telah ada, seperti selimut-selimut, makanan, susu dll, yang akan diterangkan lebih lanjut di dalam bab tersendiri.

Ada orang jatuh kelaut di kapal

orang jatuh ke laut di kapal
Ketika Orang jatuh Ke Laut [Man Over Boat] dan cara penyelamatanya

Orang jatuh kelaut merupakan salah satu bentuk kecelakaan yang membuat situasi menjadi darurat dalam upaya melakukan penyelamatan. Pertolongan yang diberikan tidak mudah dilakukan karena akan sangat tergantung pada keadaan cuaca saat itu serta kemampuan yang akan memberi pertolongan, maupun fasilitas yang tersedia. Dalam pelayaran sebuah kapal dapat saja terjadi orang jatuh kelaut, bila seorang awak kapal melihat orang jatuh kelaut, maka tindakan yang harus dilakukan adalah berteriak “Orang Jatuh ke Laut” dan segera melapor ke Mualim Jaga.
Tata cara khusus dalam prosedur Keadaan Darurat yang harus dilakukan
antara lain :
1. Lemparkan pelampung yang sudah dilengkapi dengan lampu apung dan asap sedekat orang yang jatuh
2. Usahakan orang yang jatuh terhindar dari benturan kapal dan balingbaling
3. Posisi dan letak pelampung diamati
4. Mengatur gerak tubuh menolong (bila tempat untuk mengatur gerak cukup disarankan menggunakan metode “ WILLIAMSON TURN “
5. Tugaskan seseorang untuk mengatasi orang yang jatuh agar tetap terlihat
6. Bunyikan 3 (tiga) suling panjang dan diulang sesuai kebutuhan
7. Regu penolong siap di sekoci
8. Nakhoda diberi tahu
9. Kamar mesin diberi tahu
10. Letak atau posisi kapal relatif terhadap orang yangjatuh di plot
11. Posisi kapal tersedia di kamar radio dan diperbaharui bila ada perubahan

Biar lebih jelas teknik olah gerak dan pertolong orang jatuh kelaut atau Man over board bisa di jabarkan sebagai berikut:
A man overboard rescue turn is a sailing maneuver usually implemented immediately when it is learnt that there is a man overboard . To maneuver closer to the person’s location, implementations of the principles described are: the Quick turn (also known as the Q-turn or the Figure eight turn ), the Anderson turn , the Williamson turn , and the Scharnow turn .
Quick Turn
The Quick turn is the traditional response to the Man overboard emergency on a sailboat. Despite manynew approaches, it is still a robust strategy and often the best method. Certainly when the crew is short handed, or when the vessel is in heavy weather, the Quick turn method has a lotof merit because it avoids ajibe.As is shown in the drawing, the Quick turn is essentially a figure eight. On a sailboat it consists of the following steps:
1. Call loudly “Crew Overboard”
2. Assign a person to keep the victim in sight and clearly point towards him or her.
3. Hit the MOB button on the GPS
4. Start the engine and leaveit in idle
5. Change course to a beam reach and hold for 15 seconds
6. Head into the wind and tack, leave the jib fluttering
7. Veer off until the boat is at a broad reach
8. Turn up wind until the vessel is pointing at the victim, at this point the vessel should be on a closereach.
9. Slacken the main sail untilthe vessel comes to a stopwith the victim in the lee side of the boat
10. Hoist the victim on boardwith a sling, the spinnaker halyard can bevery helpful if it is available. See also: Fireman’s chair knot and Jackline
The Anderson Turn
The Anderson Turn is a maneuver used to bring a ship or boat back to a point it previously passed through, often for the purpose of recovering a man overboard, an emergency situation in almost all circumstances.The AndersonTurn is most appropriate when the point to be reached remains clearly visible. For other situations,a Scharnow turn or a Williamson turn might be more appropriate. Both willrequire more time before returning to the point in question.
1. If the turn is in response to a man overboard, stop the engines.
2. Put the rudder over full. Ifin response to a man overboard, put the rudder toward the person ( e.g. , ifthe person fell over the starboard side, put the rudder over full to starboard).
3. When clear of the person, go all ahead full, still using full rudder.
4. After deviating from the original course by about 240 degrees (about 2/3 ofa complete circle), back the engines 2/3 or full.
5. Stop the engines when thetarget point is 15 degrees off the bow. Ease the rudder and back the engines as required. If dealing with a man overboard, always bring thevessel upwind of the person. Stop the vessel in the water with the person well forward of the propellers.
The Williamson Turn
The Williamson Turn is a maneuver used to bring a ship or boat under power back to a point it previouslypassed through, often for the purpose of recovering a man overboard. It was named for John Williamson,USNR, who used it in 1943. However, according to Uncommon Carriers by John McPhee, the maneuver was originally called the “Butakov pipe” and was used in the Russo-Japanese War as a way of keeping guns at the same distance from an enemy. [1] The Williamson Turn is most appropriate at night or in reduced visibility, or if the point can be allowed to go (or already has gone) out ofsight, but is still relatively near. For other situations, an Anderson turn (Quickest method) or a Scharnow turn might be more appropriate. The choice of which method will in large part depend on the prevailing wind and weather conditions.
1. Put the rudder over full.
2. If in response to a man overboard, put the rudder toward the person ( e.g. , ifthe person fell over the starboard side, put the rudder over full to starboard).
3. After deviating from the original course by about 60 degrees, shift the rudder full to the oppositeside.
4. When heading about 20 degrees short of the reciprocal, put the rudder amidships so that vessel will turn onto the reciprocal course.
5. Bring the vessel upwind ofthe person, stop the vessel in the water with the person alongside, wellforward of the propellers If dealing with a man overboard, always bring thevessel upwind of the person. Stop the vessel in the water with the person well forward of the propellers.
The Scharnow Turn
The Scharnow Turn is a maneuver used to bring a ship or boat back to a point it previously passed through, often for the purpose of recovering a man overboard. It was developed by and named for Ulrich Scharnow.The Scharnow Turn is most appropriate when the point to be reached is significantly further astern than the vessel’s turning radius. For other situations, an Anderson turn or a Williamson turn might be more appropriate.
1. Put the rudder over hard. If in response to a man overboard, put the rudder toward the person ( e.g. , ifthe person fell over the starboard side, put the rudder over hard to starboard).
2. After deviating from the original course by about 240 degrees, shift the rudder hard to the opposite side.
3. When heading about 20 degrees short of the reciprocal course, put the rudder amidships so that vessel will turn onto the reciprocal course. If dealing with a man overboard, always bring thevessel upwind of the person. Stop the vessel in the water with the person well forward of the propellers.